Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja kepala sekolah bisa
mempengaruhi kinerja guru dan motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah dapat
meningkatkan kinerja guru. jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif
kualitatif, maksudnya adalah dalam penelitian deskriftif kualitatif, dimana data yang
dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut mungkin berasal
dari naskah wawancara, catatan lapangan dokumen pribadi, catatan memo, dan
dokumen resmi lainya. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru
dari enam sekolah dasar di Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, awancara dan
angket. dan dalam penelitian tentang motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru
dari 6 sekolah dilaksakan 5 asas yaitu (1) kepribadian dan sosial (2) kepemimpinanan
pembelajaran (3) pengembangan sekolah/madrasah, (4) manajemen sumber daya, (5)
supervise pembelajaran. Dari kelima asas tersebut terdapat kepala sekolah memiliki
kategori tinggi dan ada kepala sekolah memiliki kategori Sedang.