PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES LAIKANG KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ARIFUDDIN, ERAWATI ERNI
dc.date.accessioned 2023-01-06T02:11:13Z
dc.date.available 2023-01-06T02:11:13Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4617106001
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3721
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pada SD Inpres Laikang Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makassar (3) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makasssar. Jenis Penelitian adalah eksperimen dengan rancangan the pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Laikang Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas III yang berjumlah 81 Peserta Didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 41 Peserta Didik kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 40 Peserta Didik di kelas III-B. sebagai kelas kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogenitas selanjutnya diuji dengan uji hipotesis yang menggunakan uji dependent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pada SD Inpres Laikang Kota Makassar, (2) hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makassar (3) terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makasssar dengan adanya perubahan nilai hasil belajar IPS Peserta Didik yang signifikan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES LAIKANG KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account