dc.contributor.author |
ARIFUDDIN, ERAWATI ERNI |
|
dc.date.accessioned |
2023-01-06T02:11:13Z |
|
dc.date.available |
2023-01-06T02:11:13Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.other |
4617106001 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3721 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penerapan Model
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS
pada SD Inpres Laikang Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS
Peserta Didik Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makassar (3) Mengetahui apakah
ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres Laikang Kota Makasssar.
Jenis Penelitian adalah eksperimen dengan rancangan the pretest-postest
control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Laikang Kota
Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas III yang
berjumlah 81 Peserta Didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 41 Peserta Didik kelas
III-A sebagai kelas eksperimen dan 40 Peserta Didik di kelas III-B. sebagai kelas
kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan
teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji
Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis yang menunjukkan bahwa data hasil
penelitian berdistribusi normal dan homogenitas selanjutnya diuji dengan uji
hipotesis yang menggunakan uji dependent samples t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pada SD Inpres
Laikang Kota Makassar, (2) hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas III SD Inpres
Laikang Kota Makassar (3) terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Kelas III SD Inpres
Laikang Kota Makasssar dengan adanya perubahan nilai hasil belajar IPS Peserta
Didik yang signifikan. |
en_US |
dc.publisher |
UNIVERSITAS BOSOWA |
en_US |
dc.subject |
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES LAIKANG KOTA MAKASSAR |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |