dc.description.abstract |
Keberadaan terminal di Kota Kupang berada dekat dengan pusat
perkantoran dan pusat perdagangan dengan model mengembangkan satu terminal
terpadu di tengah kota yang melayani semua jenis angkutan di kota, namun
pergerakan angkutan di Kota Kupang berkonsentrasi di kawasan pinggiran kota
yang dominan pada kawasan permukiman dan pendidikan.
Terminal Oebobo diharapkan mampu memberikan konstribusi terhadap
pergerakan angkutan kota yang menjadi embrio perkembangan titik simpul sirkulasi
pergerakan ke aktivitas-aktivitas kota, secara tidak langsung berkonstribusi terhadap
pembentukan struktur ruang Kota Kupang.
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh kinerja terminal terhadap pola
pergerakan dan pengaruh struktur ruang terhadap pola pergerakan dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data di peroleh melalui observasi, survey dan
dokumentasi yang di analisis dengan menggunakan analisis jalur yang di uji secara
simultan dan parsial.
Hasil dari penelitian menunjukan adanya pengaruh efektifitas lokasi,
oprasional pelayanan dan pergerakan angkutan terhadap pola pergerakan angkutan
dan yang memiliki pengaruh kuat yaitu oprasional pelayanan sedangkan Struktur
Kota Kupang memasuki perkembangan keluar zona konsentris (pusat kota)
menimbulkan pergerakan yang cenderung ke luar kota, hal ini merekondisi
tebentuknya aktivitas kegiatan mengarah ke luar Kota Kupang |
en_US |