dc.description.abstract |
Kinerja jaringan jalan diperlukan guna mencapai tujuan penyelenggaraan
transportasi jalan yaitu terwujudnya pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
yang aman,selamat, tertib, lancar, dan terpadu dengan moda angkutan lain untuk
mendorong perekonomian nasional dan memajukan kesejahteraan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan Jendral Sudirman
Kota Luwuk tentang tingkat pelayanan dan manajemen lalu lintas pada ruas jalan
yang dianalisa berdasarkan hasil survey lalu lintas seperti volume lalu lintas,
kecepatan lalu lintas, dan kapasitas jalan yang di analisa berdasarkan MKJI
1997, untuk mendapatkan nilai derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, waktu
tempuh dan tingkat pelayanan jalan serta memberikan solusi alternative dalam
mengatasi permasalahan pelayanan jalan Jendral Sudirman Kota Luwuk. Hasil
penelitian menunjukkan secara rata-rata tingkat pelayanan jalan Jendral
Sudirman berada pada tingkat pelayanan B dengan derajat kejenuhan 0,35 dan
pada akhir pekan serta hari libur memiliki tingkat pelayanan yang terbaik dengan
tingkat pelayanan A dengan derajat kejenuhan dibawah 0,20. Dengan tingkat
pelayanan jalan pada Jendral Sudirman dikatakan baik tetapi masih perlu adanya
perhatian dari instansi terkait dalam mengatasi permasalahan transportasi yang
akan datang seperti perbaikan prasarana jalan dan penambahan sarana rambu
lalu lintas sehingga kedepannya jalan Jendral Sudirman menjadi lebih baik. |
en_US |