DSpace Repository

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIANI
dc.date.accessioned 2023-01-10T01:27:30Z
dc.date.available 2023-01-10T01:27:30Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4515041085
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3761
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan menganalisis menganalisis tingkat produktivitas tenaga kerja pada proyek konstruksi jalan pada proyek pembangunan Elevated Road Segmen-1 Maros, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif., yaitu salah satu jenis penelitian yang lebih sepesifik, sistematis, terencana, dan juga terstruktur dari awal hingga kesimpulan. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada penggunaan angka - angka yang membuatnya menjadi lebih spesifik. Selain itu penggunaan tabel dan grafik juga mendukung. Kemudian digunakan sebagai bahan untuk mengambil kesimpulan dari pemasalahan yang ada. Pada penelitian ini, mengacu pada tingkat produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pengecoran dan pasangan batu yang memerhatikan waktu efektif dan waktu tidak efektif tenaga kerja. Waktu penelitian ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, mulai bulan Januari 2018 sampai dengan bulan Februari 2018. Penelitian dilaksanakan pada proyek pembangunan Elevated Road Segmen-1 Maros di Kab. Maros. Pengumpulan data tingkat produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pengecoran dan pekerjaan pasangan batu dilakukan selama 7 hari tidak berturut-turut. Tenaga kerja terbentuk dalam dua kelompok kerja yang terdiri dari ±25 orang tenaga kerja pada setiap kelompok kerja, tetapi pengambilan data hanya dilakukan terhadap 10 orang setiap sub kelompok kerja pada pekerjaan pengecoran beton dan pasangan batu. Pengamatan dilakukan dengan metode Field rating. Metode ini membagi aktivitas tenaga kerja dalam 2 kelompok yaitu Effective work (pekerjaan efektif), dan Ineffective work (pekerjaan tidak efektif). Hasil analisis didapatkan persentase waktu efektif teringgi tenaga kerja terhadap pekerjaan pengecoran pada hari ke-4 sebesar 79.76 %, dan pekerjaan pasangan batu pada hari ke-6 sebesar 84.05 %. Total waktu kerja yang tersedia selama 7 jam kerja dalam 1 hari selama 7 hari kerja tidak berturut-turut sebesar 2940 menit/orang, rata-rata total waktu kerja efektif pada pekerjaan pengecoran sebesar 2137 menit/orang, dan pada pekerjaan pasangan batu sebesar 2279 menit/orang en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Produktivitas en_US
dc.subject Tenaga Kerja en_US
dc.subject Waktu efektif en_US
dc.title ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN en_US
dc.title.alternative (STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN ELEVATED ROAD SEGMEN – 1 MAROS) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account