Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang
mempengaruhi pengembangan pariwisata di Pantai Kuri Caddi Desa
Nisombalia Kabupaten Maros. Serta untuk mengidentifikasi strategi
pengembangan potensi pariwisata di Pantai Kuri Caddi Desa Nisombalia
Kabupaten Maros.
Variabel yang digunakan terdiri dari tujuh diantaranya: (1) Daya Tarik
Wisata; (2) Sarana Penunjang; (3) Keamanan dan Kenyamanan; (4)
Informasi dan Promosi; (5) Aksesibilitas; (6) Peluang Kerja; (7)
(Pendapatan). Metode analisis yang digunakan berupa chi-square,
selanjutnya digunakan uji kontingensi dalam penarikan kesimpulan yang
dilanjutkan dengan sistem skoring Skala Likert sebagai parameter
mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap Y. Selanjutnya
menyusun strategi pengembangan potensi pariwisata di Pantai Kuri Desa
Nisombalia Kabupaten Maros dengan metode analisis SWOT.
Variabel yang memiliki pengaruh terhadap strategi pengembangan potensi
pariwisata di Pantai Kuri Caddi Desa Nisombalia Kabupaten Maros ada
empat variabel yaitu daya tarik wisata, keamanan dan kenyamanan,
peluang kerja dan pendapatan. Sedangkan variabel yang tidak memiliki
pengaruh ada tiga yaitu sarana penunjang, informasi dan promosi, serta
aksesibilitas. Sehingga strategi yang dapat digunakan dalam strategi
pengembangan potensi pariwisata di Pantai Kuri Caddi Desa Nisombalia
Kabupaten Maros yaitu dengan memanfaatkan daya tarik wisata Pantai Kuri
Caddi dengan mengacu pada pada Perda Kabupaten Maros nomor 2
Tahun 2014, tentang penyelenggaraan kepariwisataan, melibatkan
masyarakat dalam mengembangkan wisata Pantai Kuri Caddi berdasarkan
Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah, serta melibatkan
investor dalam mengembangkan wisata Pantai Kuri Caddi, sehingga dapat
meningkatkan PAD dan pendapatan masyarakat lokal