dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan metode
storytelling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan menyimak peserta
didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros, (2) pengaruh penerapan metode
storytelling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan berbicara peserta
didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros, dan (3) pengaruh penerapan metode
storytelling berbantuan LCD proyektor terhadap keterampilan menyimak dan
keterampilan berbicara secara terpadu peserta didik SDN 64 Malaka Kabupaten
Maros. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 64 Malaka
semester I tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 19 orang yang
terdiri atas 11 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode storytelling berbantuan proyektor dapat berpengaruh
terhadap keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, dan keterampilan
menyimak dan berbicara secara terpadu. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai
postest pada peserta didik, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan
menyimak 72,11% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes awal) hanya
sebesar 66,63%, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan berbicara
73,53% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes awal) hanya sebesar
64,11%, nilai ketuntasan belajar nilai postest keterampilan menyimak dan
berbicara secara terpadu 75,95% yang sebelumnya pada pelaksanaan pretest (tes
awal) hanya sebesar 68,42%. Dengan demikian, metode storytelling berbantuan
LCD proyektor dapat berpengaruh terhadap nilai keterampilan menyimak,
keterampilan berbicara, dan keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara
secara terpadu. |
en_US |