dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemandirian peserta didik
melalui model pembelajaran berbasis outbound kelas V SD Inpres Lanraki 2 Kota
Makassar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh sesuai
dengan gambaran fakta yang terjadi di lapangan dan mendeskripsikan dengan
kata-kata. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi yang langsung diambil di lapangan dimana peserta didik benar-benar
menunjukkan peningkatan kemandirian saat mengikuti model pembelajaran
berbasis outbound. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peserta didik dimana
rubrik penilaiannya meliputi percaya diri, mampu bekerja sendiri, bertanggung
jawab, dan memiliki motivasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik cukup mandiri
dalam mengikuti model pembelajaran berbasis outbound. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara model pembelajaran berbasis
outbound dengan kemandirian peserta didik. |
en_US |