Abstract:
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas kebijakan Bus Trans
Mamminasata berdasarkan kinerja pelayanan dan pengaruhnya terhadap sistem
pergerakan di koridor 3 Kawasan Mamminasata.
Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari
teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Data diperoleh dari hasil
observasi, survai, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas kebijakan
Bus Trans Mamminasata di koridor 3 Kawasan Mamminasata berdasarkan
ketepatan kuantitas dari segi jumlah dan kapasitasnya menunjukkan kinerja belum
efektif. Ketepatan kualitas pelayanan berdasarkan kecepatan perjalanan, tingkat
ketersediaan armada, umur kendaraan, keselamatan atau keamanan, dan
kenyamanan sudah menunjukkan kinerja yang efektif. Sedangkan faktor muat,
frekuensi, jarak antar halte, keteraturan, ketertiban, komprehensif, bertanggung
jawab, aksesbilitas, keandalan dan kemudahan informasi belum menunjukkan
kinerja yang efektif. Dari segi ketepatan waktu berdasarkan waktu tempuh setiap
halte dan waktu operasi pelayanan menunjukkan kinerja efektif, sedangkan waktu
tunggu, headway, waktu henti kendaraan, waktu perjalanan, dan waktu sirkulasi
belum menunjukkan kinerja efektif. Sedangkan dari segi biaya berdasarkan biaya
rendah dan terjangkau menunjukkan kinerja yang efektif, sedangkan operation
ratio belum menunjukkan kinerja yang efektif. Pelayanan waktu tunggu,
komprehensif, kenyamanan, keandalan, aksesbilitas, kemudahan informasi, dan
tarif terjangkau dapat mempengaruhi sistem pergerakan transportasi di koridor 3
sehingga pelayanan tersebut perlu mendapat perhatian oleh pihak penyedia jasa
untuk meningkatkan pencapaian tujuan dari program pemerintah yaitu dengan
menyelenggarakan kegiatan pelayanan yang efektif, efisien dan ekonomis.