Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktorfaktor apa saja yang signifikan dalam pengenbangan wisata bahari
pulau karampuang. Serta untuk mengidentifikasi strategi
pengembangan wisata bahari pulau parampuang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif (deskriptif). Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh
signifikan terhadap pengembangan Obyek Wisata Bahari Pulau
Karampuang dengan menggunakan alat analisis chi kuadrat (chi
square), sedangkan analisis (SWOT) digunakan untuk merumuskan
strategi pengembangan Obyek Wisata Bahari Pulau Karampuang.
Berdasrkan hasil uji Chi-Square akan diperoleh faktor yang
berpengaruh signifikan terhadap pengembangan Obyek Wisata
Bahari Pulau Karampuang. didapatkan bahwa variabel sarana
penunjang wisata, keamanan dan kenyamanan dan aksesibilitas
tidak berpengaruh signifikan terhadap pengembangan Obyek Wisata
Bahari Pulau Karampuang sedangkan variabel daya tarik wisata dan
informasi dan promosi merupakan faktor yang paling berpengaruh
signifikan terhadap pengembangan Obyek Wisata Bahari Pulau
Karampuang.
Kesimpulannya adalah berdasarkan hasil analisis Chi-Square
variabel daya tarik dan informasi dan promosi merupakan faktor yang
paling berpengaruh signifikan terhadap pengembangan Obyek
Wisata Bahari Pulau Karampuang dan startegi pengembangan
Obyek Wisata Bahari Pulau Karampuang adalah meningkatkan
sarana dan prasarana parwisata, peningkatan peran pemerintah dan
swasta, peningkatan informasi dan promosi wisata, peningkatan
kualitas sumber daya manusia (SDM), memanfaatkan potensi
dayatarik objek wisata, pelestarian lingkungan.