Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas penerapan
teknik Clustering, mengetahui gambaran menulis puisi bebas siswa, menguji
efektivitas penerapan teknik clustering terhadap keterampilan menulis puisi bebas
siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental
design yaitu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian
ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu penerapan teknik clustering dan
variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi bebas. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa sekolah dasar gugus IV kecamatan Biringkanaya Kota
Makassar 121 orang. Selanjutnya penentuan sampel dengan menggunakan teknik
cluster sampling yaitu terdiri dari kelompok atau cluster yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 30 orang siswa. Instrument
pengukuran yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik
inferensial meliputi uji normalitas data dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS
versi 25.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas penerapan teknik
clustering pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari beberapa tahapan
pada umumnya terlaksana dengan baik. (2) keterampilan menulis puisi bebas
siswa sekolah dasar gugus IV kecamatan Biringkanaya kota Makassar dengan
teknik clustering lebih tinggi yaitu 83,63 dibandingkan dengan keterampilan
menulis puisi bebas yang tidak menggunakan teknik clustering yaitu 76,27. (3)
penerapan teknik clustering dalam pembelajaran Bahasa Indonesia efektif
terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V gugus IV kecamatan
Biringkanaya kota Makassar.