DSpace Repository

INTERNALISASI NILAI BUDAYA TORAJA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA DI SD KABUPATEN TANA TORAJA

Show simple item record

dc.contributor.author SUSANTI
dc.date.accessioned 2023-01-25T02:32:36Z
dc.date.available 2023-01-25T02:32:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4618106003
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4178
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk bahan ajar, kelayakan bahan ajar, kepraktisan bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja di SD Kabupaten Tana Toraja untuk mengetahui pengaruh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dengan model Kemp yang sudah mengalami pengubahan. Penelitian ini dilakukan di SD Kabupaten Tana Toraja. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 221 Inpres Maliba’ dan SDN 297 Inpres Kambuno. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, LKS dan observasi. Peneliti mengolah data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model produk bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja. Hasil uji coba bahan ajar terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan. Hasil penelitian ini berupa bentuk bahan ajar yang dihasilkan yaitu bahan ajar dalam bentuk buku yang sudah dicetak (printed) yang berbentuk kertas. Fungsi bahan ajar ini untuk pembelajaran dan penyampaian informasi. selain itu buku ini dibuat sesuai dengan aturan standar buku mulai dari sampul sampai referensi.Kelayakan bahan ajar setelah melalui uji validasi dari validator dinyatakan valid, baik dari segi materi (isi dan penyajian) maupun dari segi media (tata kegrafisan dan kebahasaan) yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kepraktisan bahan ajar setelah melalui uji validasi dinyatakan praktis digunakan karena pada saat mengajar kita hanya menggunakan satu buku yang didalamnya sudah ada KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran dan LKS diakhir materi. Hasil uji coba bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur dari hasil belajar siswa dengan lembar kerja siswa dalam setiap materi yang disajikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja yang terdiri dari bahan ajar, LKS beserta pedomannya selama digunakan, dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pengembangan bahan ajar en_US
dc.subject berbasis nilai budaya Toraja en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI BUDAYA TORAJA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA DI SD KABUPATEN TANA TORAJA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account