dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk bahan
ajar, kelayakan bahan ajar, kepraktisan bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar
dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja di SD
Kabupaten Tana Toraja untuk mengetahui pengaruh dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dengan model
Kemp yang sudah mengalami pengubahan. Penelitian ini dilakukan di SD
Kabupaten Tana Toraja. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 221 Inpres
Maliba’ dan SDN 297 Inpres Kambuno. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan angket, LKS dan observasi. Peneliti mengolah data
secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model produk bahan
ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja. Hasil uji coba bahan
ajar terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak
digunakan.
Hasil penelitian ini berupa bentuk bahan ajar yang dihasilkan yaitu bahan
ajar dalam bentuk buku yang sudah dicetak (printed) yang berbentuk kertas.
Fungsi bahan ajar ini untuk pembelajaran dan penyampaian informasi. selain itu
buku ini dibuat sesuai dengan aturan standar buku mulai dari sampul sampai
referensi.Kelayakan bahan ajar setelah melalui uji validasi dari validator
dinyatakan valid, baik dari segi materi (isi dan penyajian) maupun dari segi media
(tata kegrafisan dan kebahasaan) yang layak digunakan dalam proses
pembelajaran. Kepraktisan bahan ajar setelah melalui uji validasi dinyatakan
praktis digunakan karena pada saat mengajar kita hanya menggunakan satu buku
yang didalamnya sudah ada KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran dan LKS
diakhir materi. Hasil uji coba bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai
budaya Toraja sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur
dari hasil belajar siswa dengan lembar kerja siswa dalam setiap materi yang
disajikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca
bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja yang terdiri dari bahan ajar, LKS
beserta pedomannya selama digunakan, dinyatakan valid, praktis, efektif dan
layak digunakan. |
en_US |