Abstract:
Pendekatan partisipatif sangat mendukung tingkat keberhasialan
pembangunan.demikian juga dalam program Bantuan operasional sekolah (BOS)
di sekolah SD. Oleh krena itu dipandang perlu untuk mengananalisa setiap gejala
atau fenomena yang menghambat kegiatan pembangunan serta partisipasi
masyarakat dalam kegiatan ini.
Aspek- aspek dalam penelitian yang menjadi acuhan adalah Partisipasi
masyarakat pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengawasan, tahap
pemanfaatan dan pada tahap evaluasi. Dengan metode deskriptif kualitatif, aspek
tersebut ditelaah, penelaan ini menggunakan informen kunci dan informen
pendukung sebagai pembanding. Dengan teknik wawancara peneliti
mengumpulkan data dan menanalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam tahap
perencanaan berupa ide dan gagasan. Dalam hal ini, masyarakat menyepakati
bidang pengembangan infrastruktur sebgai prioritas karena masyarakat mem
butukan infrastruktur dengan bidang kerja adalah pembangunan talud pengaman
banjir. Pada tahap pelaksanaan berupa tenaga, waktu dan materi. Masyarakat juga
melaksanakan fungsi pengawasan hingga pada saat terbentuknya tim pengawas dari
kalangan masyarakat itu sendiri samapai pemanfaatan hasil program. Pada tahap
evaluasi dilaksanakan evaluasi proses dan evaluasi akhir. Evaluasi proses
dilaksanakan secara baik namun pada evaluasi akhir masyarakat tidak dilibatkan
secara menyeluruh dengan alasan waktu terdesak oleh kegiataan desa yang lain.