dc.description.abstract |
Pembangunan yang saat ini sedang dilaksanakan merupakan salah satu
upaya nyata yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan
yang telah diraihnya. Dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional yang
sementara ini dilaksanakan, diperlukan suatu dorongan dan motivasi secara
langsung dilakukan oleh Pemerintah sebagai subyek. Sehingga mampu
menumbuhkan semangat serta gairah rakyat untuk ikut serta dalam menyukseskan
pembangunan nasional tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan pembangunan
pendidikan yang seharusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah,
Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur. Hal yang menjadi fokus
pengamatan penulis adalah perbandingan antara sarana gedung sekolah sebagai
sarana pendukung utama bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, angket dan wawancara serta dokumenter.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) Pelaksanaan koordinasi oleh Camat
Angkona terhadap kegiatan Instansi Vertikal Tingkat Kecamatan adalah berperan
aktif dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan yang berada di Wilayah
Kecamatan Angkona. (2) Pelaksanaan koordinasi yang dilakukan Camat Angkona
terhadap dinas-dinas otonom utamanya dalam kegiatan pembangunan pendidikan
di Wilayah Kecamatan Angkona adalah cukup baik. (3) Terdapat tiga faktor
utama yang mempengaruhi pelaksanaan koordinasi terhadap kegiatan
pembangunan yaitu: Kesadaran para kepala dinas-dinas otonom untuk mematuhi
koordinator, Kesadaran para kepala Instansi Vertikal untuk mematuhi koordinator,
Kesadaran daerah binaan (Desa/LKMD) untuk mematuhi koordinator. |
en_US |