Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan perilaku
seksual yang signifikan antara siswa yang mendapat pendidikan seks disekolah dengan siswa
yang tidak mendapat pendidikan seks disekolah (Studi Pada SMAN X Ternate dengan SMAN Y
Ternate) .
Penelitan ini termasuk jenis penelitian kuantitatif komparatif. Sampel penelitian dipilih
dengan propotionate stratified random sampling. Siswa kelas XII SMAN X Ternate sebagai
sekolah yang mendapat pendidikan seks dan siswa kelas XII SMAN Y Ternate sebagai sekolah
yang tidak mendapat pendidikan seks. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan skala perilaku seks. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat
analisis dan pengujian hipotesis. Teknik prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan
homogenitas, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku seksual antara
siswa yang mendapat pendidikan seks di SMAN X Ternate dengan siswa yang tidak mendapat
pendidikan seks di SMAN Y Ternate. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis t-test yang pada
taraf signifikansi 5% yakni (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh t-hitung = -7.384 untuk perilaku
seksual. Nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung = -7.384 > ttabel =
1.651, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan karena
thitung> ttabel.