PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN INPRES NO. 198 SULI-SULI KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS

Show simple item record

dc.contributor.author KADIR, ABD.
dc.date.accessioned 2023-02-06T06:26:27Z
dc.date.available 2023-02-06T06:26:27Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 45 12 103 234
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4395
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam hal keterampialan berbicara. Oleh sebab itu, penulis mencoba menerapkan media gambar sehingga siswa dapat terstimulasi dalam berbicara dan mengungkapkan berbagai pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Inpres Suli-Suli Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Group Disign”. Peneliti ini dilaksanakan di kelas III SDN Inpres No 198 Suli-Suli Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah “Cluster Random Sampling”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai nama-nama siswa kelas III SD. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa di kelas III SD. Dalam penelitian ini peneliti memberikan perlakuan yang berbeda. Perlakuan awal tidak diberikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar, sedangkan perlakuan akhir diberikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Hasil analisis data diperoleh untuk uji kesamaan rata-rata diperoleh ttabel = 1,69, sehingga diketahui thitung = -1,955 < ttabel = 1,69. Berdasarkan uji persamaan dua rata-rata (uji t) keterampilan siswa yang diberikan media gambar dan tidak diberikan media gambar tidak berbeda secara signifikan. Kemudian untuk uji t selanjutnya diketahui thitung = 3,098 > ttabel = 1,69 dengan rata-rata kelas yang menggunakan media gambar 68,25 dan besar rata-rata kelas yang tidak menggunakan media gambar adalah 60,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Ipres No 198 Suli-Suli Kec. Bontoa Kabupaten Maros en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject berbicara en_US
dc.subject media gambar en_US
dc.subject keterampilan en_US
dc.title PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN INPRES NO. 198 SULI-SULI KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account