Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa dalam pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Inpres
Pampang II kota Makassar dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres
pampang II. Objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil
pembelajaran PKn dengan penerapan model kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS). Instrumen instrument yang digunakan adalah lembar
observasi.
Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model kooperatif tipe
think pair share. Langkah-lagkah pembelajaran yang dilaksanakan yaitu
perubahan dalam penyampaian materi pelajaran, siswa menganalisis
permasalahan (think), pembentukan kelompok diskusi dengan mengubah
pengelompokan siswa yang didasari dari prestasinya, siswa berpasangan
untuk berdiskusi (pair), perwakilan kelompok siswa menyampaikan hasil
diskusi di depan kelas (share). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Pampang II kota
Makassar meningkat setelah digunakannya model kooperatif tipe think
pair share dalam pembelajaran PKn dengan materi pokok Menjaga
Keutuhan NKRI. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan 61,25 pada
siklus I dan meningkat menjadi 78.25 pada siklus II. menjadi 37.5% pada
siklus I dan meningkat menjadi 87.5% pada siklus II.