Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
matematika materi bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Project
Based Learning siswa V SD Negeri 68 Kassijalla Maros Tahun Ajaran
2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 68
Kassijala Maros semester II Tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 31
orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Project Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun
datar pada siswa kelas V di SD Negeri 68 Kassijala Maros Kecamatan Bontoa
Kelurahan Tunikamaseang tahun ajaran 2016/2017. Hasil belajar melampaui
KKM individu ( ≥ 70 ) yakni nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,09 dan
nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 83,94. Dan model Project
BasedLearning (PBL) dapat memenuhi target pencapaian KKM pada mata
pelajaran matematika materi bangun datar. Target KKM kelas yakni persentase
tercapai ≥ 85% pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebanyak 96,77%
dengan siswa yang tuntas mencapai 30 siswa