dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping
tipe Rantai Kejadian terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres
Tantu Kabupaten Pinrang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pre-experimental
designs. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas V dengan jumlah sampel 20 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan
pertimbangan peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang
berbentuk esai dengan jumlah 20 nomor. Adapun teknik pengumpulan data berupa
tes (pre-tes dan post-test) dan teknik analisis data yang digunakan penelitian
menggunakan uji normalitas dan uji-t.
Hasil penelitian untuk uji-t diperoleh thitung>ttabel diperoleh (11,457
1,729) maka Ho ditolak dan Hı di terima. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping tipe Rantai
Kejadian terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tantu
Kabupaten Pinrang. |
en_US |