PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY MATERI SIFAT- SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS VB SD INPRES PAMPANG I KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author BOLANG, HANS EDIYANTO
dc.date.accessioned 2023-02-08T07:41:15Z
dc.date.available 2023-02-08T07:41:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512103038
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4515
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelasV.B SD Inpres Pampang I. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran penemuan (discovery) pada siswa kelas V.B SD Inpres Pampang I..?Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber san sifat-sifat cahaya.Melelui metode pembelajaran penemuan (discovery).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan.Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery) dan hasil belajar siswa.Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa padasiklus I tercatat aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup sehingga hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil pada kategori cukup dengan persentase 58,13%, dikarenakan sisklus I belum berhasil maka guru dan peneliti melanjutkan kesiklus II, dengan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivita sbelajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 88,37%, dikarenakan hasil belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan yang diinginkan maka penelitian ini di hentikan dengan kesimpulan penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.BSD Inpres Pampang I. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY MATERI SIFAT- SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS VB SD INPRES PAMPANG I KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account