dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelasV.B
SD Inpres Pampang I. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil
belajar IPA dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran penemuan
(discovery) pada siswa kelas V.B SD Inpres Pampang I..?Penelitian ini
bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber san sifat-sifat
cahaya.Melelui metode pembelajaran penemuan (discovery).Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan
dua kali pertemuan.Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.Fokus penelitian ini adalah
penerapan metode pembelajaran penemuan (discovery) dan hasil belajar
siswa.Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru
bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang
mengalami kesulitan dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang
digunakan adalah kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa padasiklus I tercatat aktivitas
mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup sehingga
hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil pada kategori cukup dengan
persentase 58,13%, dikarenakan sisklus I belum berhasil maka guru dan peneliti
melanjutkan kesiklus II, dengan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan
aktivita sbelajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar
siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 88,37%, dikarenakan
hasil belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan yang diinginkan maka
penelitian ini di hentikan dengan kesimpulan penerapan metode pembelajaran
penemuan (discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.BSD Inpres
Pampang I. |
en_US |