Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan
Pengaruh lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V SDN
77 Rantelemo Desa Latimojong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten
Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripti kuantitatif dengan
populasi dan sampel berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran lingkungan
sekolah tergolong kategori “baik”52%, 2) gambaran hasil belajar siswa
tergolong dalam kategori “baik”80%, dan 3) hasil hipotesis menunjukkan
bahwa lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil
belajar siswa kelas V SDN 77 Rantelemo Desa Latimojong Kabupaten
Enrekang.