PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ENERGI BUNYI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN 142 KAMPUNG BARU KABUPATEN ENREKANG

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Hendra Permana
dc.date.accessioned 2023-02-08T07:47:40Z
dc.date.available 2023-02-08T07:47:40Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512103048
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4519
dc.description.abstract Masalah penelitian ini dirumuskan “Apakah dengan pembelajaran pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep energi bunyi di SDN 142 Kampung Baru Kab.Enrekang. Sumber data yang di ambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti baik pada aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar maupun hasil belajar memahami konsep energi bunyi. Peningkatan itu dapat terlihat pada setiap siklus kesiklus. Siklus satu tingkat penguasaan siswa cukup (C), siklus dua tingkat penguasaan siswa baik (B). Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses adalah sebagai berikut: (a) Mengamati, (b) Menggolongkan/mengkalsifikasi, (c) Menafsirkan, (d) Merencanakan penelitian, (e) Meramalkan, dan (f) Menerapkan, (g) Mengkomunikasikan, dan (h) Evaluasi. Saran Peneliti adalah kepada guru SD, agar menggunakan pendekatan keterampilan proses sebagai salahsatu alternatif meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran energi bunyi di SD. Hasil pada siklus I belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu hanya 10 siswa (55%),yang dapat menafsirkan materi ajar,5 siswa(27%)yang dapat meramalkan kegiatan untuk melakukan percobaan,3 siswa(16%) yang bisa menerapkan pemahaman konsep energi bunyi.Pada siklus II menunjukan 18 siswa (100%) siswa yang mengamati masalah sesuai dengan energi bunyi,15 siswa(83%) yang dapat menafsirkan masalah tentang materi yang diajarkan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pendekatan en_US
dc.subject Memahami en_US
dc.subject Mempraktekkan en_US
dc.title PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ENERGI BUNYI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN 142 KAMPUNG BARU KABUPATEN ENREKANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account