dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan membaca siswa
dengan menggunakan media big book. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Inpres Pajjaiang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan Pre-Experimental Designs. Siswa yang dipilih adalah
siswa kelas II dengan jumlah sampel 31 siswa. Teknik pengambilan
sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan
peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes yang
berbentuk esai dengan jumlah 12 nomor. Adapun teknik pengumpulan
data berupa tes (Pretes-Posttest) dan teknik analisis data yang digunakan
penelitian menggunakan uji normalitas dan uji-t.
Hasil penelitian untuk uji normalitas diperoleh bahwa x
2
hitung<x2
tabel
yaitu (3,0984<11,1) maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasill
penelitian menunjukkan untuk uji-t diperoleh thitung>ttabel diperoleh
(10,468>2,042) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media
big book dan kemampuan membaca siswa |
en_US |