Abstract:
r. Sundari Hamid, S.Pd., M.Si dan St. Muriati, S.Pd., M.Pd).
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikan Pengaruh menonton televisi terhadap prestasi
belajar siswa kelas V SD Kristen Elim Kota Makassar. Sampel penelitian
ini adalah siswa kelas V-B sebanyak 30 orang. Proses pengumpulan data
dilakukan dengan angket, dianalisis dengan statistik deskriptif. Data yang
diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan rumus Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh menonton
televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas V-B SD Kristen Elim Kota
Makassar. Hal ini dapat terlihat berdasarkan hasil diperoleh Uji-t Hasil
prestasi belajar menunjukkan bahwa frekuensi siswa 86 β 88 sebanyak 8
orang dan yang terendah di interval 91 β 93 sebanyak 3 orang. Hal ini
menunjukkan bahwa data ini termasuk dalam kategori sedang. Dan juga
berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai t-β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar
86,66 t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 3,659 dengan taraf signifikansi 0,05 hasil pengujian
bahwa t-β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ternyata memenuhi kriteria pengujian t-β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 .
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas V-B SD Kristen
Elim Kota Makassar