Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang
dialami siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam
menyelesaikan soal operasi hitung pecahan kelas V SD Inpres Panaikang II/1
Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian
studi kasus. Data pada penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes kemampuan
menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan hasil wawancara. Sumber data
pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Makassar yang
berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes
kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan wawancara. Data
yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah 1. kesulitan yang dialami siswa dalam
mengerjakan soal operasi hitung pecahan yaitu: a. Siswa kesulitan atau lemah
dalam melakukan perhitungan, pengurangan, perkalian dan pembagian. b. Siswa
kesulitan dalam memahami konsep operasi hitung pecahan. c. Siswa kesulitan
dalam membedakan penyebut dan pembilang. 2.Faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan belajar yaitu : a. Guru mengajar terlalu cepat. b. Suasana kelas tidak
kondusif. c. Teman pergaulan yang tidak mendukung. d. Siswa tidak menyukai
matematika. e. Siswa malas belajar