Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap keterampilan menulis puisi bahasa
Indonesia pada siswa kelas V SDN No.99 Kampung Beru Kabupaten Takalar. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu memberikan tes dan observasi.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi yang dianalisis dengan data
kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis juga menggunakan rumus pemberian skor.
Hasil menunjukkan bahwa ada penerapan model TTW (Think Talk Write) untuk
meningkatkan keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia kelas V SDN No.99
kampung Beru Kabupaten Takalar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis
perolehan skor diperoleh rata-rata nilai kemampuan menulis siswa yaitu pada siklus I
76,63% dalam kategori cukup pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis puisi
84,54% dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan antara model TTW (Think Talk Write) terhadap keterampilan menulis
puisi siswa