DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISCUSSION GROUP (DG) – GROUP PROJECT (GP) DALAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author P, LISTIANA NANNA
dc.date.accessioned 2023-02-15T02:54:28Z
dc.date.available 2023-02-15T02:54:28Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512103255
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4573
dc.description.abstract Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, masih banyak siswa kelas IV SDN Nusa Harapan Permai pada pembelajaran IPA memiliki nilai rendah dan di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM).Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Pembelajaran kooperatif akan diterapkan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Jika pengajaran sebelumnya hanya berpusat pada guru. Metode yang diberikan adalah pembelajaran kooperatif tipe discussions group (DG)–group project (GP). Dampaknya positif karena metode ini lebih memberi kebebasan siswa menjadi aktif dan leluasa dalam mendalami materi pelajaran. Hasil belajar meningkat dengan melihat parameter nilai dari Siklus I ke Siklus II. Pada nilai rata-rata siswa 64,78 dengan KKM 47,82 % pada Siklus I, menjadi nilai rata-rata 85,4 pada Siklus II dengan KKM 100%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai sehingga metode ini dianggap cukup berhasil. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kooperatif en_US
dc.subject siswa aktif en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISCUSSION GROUP (DG) – GROUP PROJECT (GP) DALAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account