Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
matematika tentang bangun ruang dengan mengggunakan metode
problem solving siswa kelas VI SD Inpres II/2 Panaikang Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penellitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan satu kali
pertemuan yang didalamnya terdiri dari empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres II/2 Panaikang Kota
Makassar. Dan objek penelitian adalah penerapan metode problem
solving untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Ketuntasan belajar
siswa pada pembelajaran sebelum penelitian tindakan kelas hanya 48%
sehingga perlu adanya tindakan.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil belajar siswa yang tuntas
ada 13 siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I
adalah 52% dan rata-rata yang diperoleh 70,12 termasuk dalam kategori
baik. Pada siklus II hasi belajar siswa yang tuntas adalah 22 siswa dengan
persentase 88% dan rata-rata yang diperoleh 86,08 termasuk dalam
kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan
menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Inpres II/2 Panaikang
Kota Makassar.