Abstract:
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing
terhadap minat belajar bahasa Indonesia materi cerita rakyat pada siswa
kelas V SD Negeri 27 Buludua Kabupaten Soppeng. Apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap
minat belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 27 Buludua
Kabupaten Soppeng
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya Pre-Experimental
Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner
dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe bamboo dancing materi cerita rakyat terdapat pengaruh
minat belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 27 Buludua
Kabupaten Soppeng materi cerita rakyat. Hal ini dapat dilihat dari hasil
analisis inferensial untuk minat belajar, dari hasil analisis data uji hipotesis
t- hitung yaitu 15,03 dan t โ𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 1,72. Maka t- Hitung > t โ 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =
15,03>1,72, perbedaan antara hasil pretest dan posttest signifikan, dan
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hฤฑ, diterima berarti bahwa
hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap minat belajar
bahasa Indonesia kelas V materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD
Negeri 27 Buludua Kabupaten Soppeng.