Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
IPA melalui media barang bekas pada siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Desain penelitian ini meliputi empat komponen yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang
berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yaitu 76
pada siklus I dan 90 pada siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar 58,33%
dan ketidaktuntasan hasil belajar 41,66% sedangkan pada sikus II ketuntasan hasil
belajar mencapai 100% yang sudah melampaui indikator keberhasilan. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil
belajar pada peserta didik kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota Makassar melalui
media barang beka