dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV
SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatkan hasil
belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus
disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek
penelitian yang akan diteliti adalah Guru dan Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa
Kabupaten Gowa yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 17
perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tercatat aktivitas
mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup sehingga
hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil pada kategori cukup dengan
persentase 33,33%, dikarenakan sisklus I belum berhasil maka guru dan peneliti
melanjutkan kesiklus II, dengan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan
aktivitas belajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar
siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 100%, dikarenakan
hasil belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan yang diinginkan maka
penelitian ini di hentikan dengan kesimpulan penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres
Mangasa Kabupaten Gowa |
en_US |