dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamanakah strategi PQ4R (Preview,
Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman murid kelas IV SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar?. Tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi
PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada murid kelas IV SD
Inpres Pampang 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi.
Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah murid kelas IV SD Inpres Pampang 1
Kota Makassar. Dengan jumlah murid 24 orang dan kemampuan membaca
pemahaman dengan materi membandingkan isi dua teks bacaan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunujukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru
dan murid maupun kemampuan membaca pemahaman murid. Peningkatan itu dapat
dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi PQ4R dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada murid kelas IV SD Inpres
Pampang 1 Kota Makassar |
en_US |