PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MURID KELAS IV SD INPRES PAMPANG 1 KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SAPTADIANSYA, YADI
dc.date.accessioned 2023-02-16T02:24:17Z
dc.date.available 2023-02-16T02:24:17Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 45 12 103 001
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4618
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamanakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid kelas IV SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada murid kelas IV SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah murid kelas IV SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar. Dengan jumlah murid 24 orang dan kemampuan membaca pemahaman dengan materi membandingkan isi dua teks bacaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun kemampuan membaca pemahaman murid. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada murid kelas IV SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MURID KELAS IV SD INPRES PAMPANG 1 KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account