dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Peningkatkan keterampilan
berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SD Negeri
Baddoka, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Baddoka yang
berjumlah 35 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Tindakan pembelajaran siklus I siswa bermain peran berdasarkan
naskah percakapan. Siswa tidak mengalami kendala dalam aspek
kebahasaan (kosakata/ungkapan dan struktur kalimat yang digunakan)
dan aspek nonkebahasaan (keberanian, keramahan, dan sikap). Siklus II
lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (tekanan, ucapan, serta nada
dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan penguasaan
materi) yang masih kurang.
Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara
siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa
sebesar 59,2 dengan persentase ketuntasan sebesar 14%, (2) rata-rata
nilai evaluasi siklus I sebesar 77,0 dengan persentase ketuntasan sebesar
51%, (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 81,5 dengan persentase
ketuntasan 88%. |
en_US |