dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan motivasi belajar IPA
pada siswa kelas V SDN 006 Randelangi Kabupaten Mamasa. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimen, tipe
one group pretes and postes design. Teknik penarikan sampel yaitu
dengan sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai
sampel. Jumlah siswa kelas 5 SDN 006 Randelangi yang dijadikan
sampel yaitu 6 orang. Instrumen penelitian berupa angket motivasi,
lembar observasi dan lembar tes hasil belajar.Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis secara deskriptif pada setiap
indikator motivasi belajar IPA dan tes hasil belajar. Sedangkan pengujian
hipotesis dengan teknik uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernerapan metode
eksperimen tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA pada siswa
kelas V SDN 006 Randelangi Kabupaten Mamasa. Hal itu dibuktikan dari
hasil uji F sebesar 0,027 sedangkan nilai F tabel dimana dk adalah 1,4
pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 7,71 menunjukkan bahwa
Fhitung < Ftabel . |
en_US |