PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 006 RANDELANGI KABUPATEN MAMASA

Show simple item record

dc.contributor.author OLA, MEDIANA
dc.date.accessioned 2023-02-17T02:35:34Z
dc.date.available 2023-02-17T02:35:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103010
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4652
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN 006 Randelangi Kabupaten Mamasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimen, tipe one group pretes and postes design. Teknik penarikan sampel yaitu dengan sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Jumlah siswa kelas 5 SDN 006 Randelangi yang dijadikan sampel yaitu 6 orang. Instrumen penelitian berupa angket motivasi, lembar observasi dan lembar tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis secara deskriptif pada setiap indikator motivasi belajar IPA dan tes hasil belajar. Sedangkan pengujian hipotesis dengan teknik uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernerapan metode eksperimen tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN 006 Randelangi Kabupaten Mamasa. Hal itu dibuktikan dari hasil uji F sebesar 0,027 sedangkan nilai F tabel dimana dk adalah 1,4 pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 7,71 menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel . en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode Eksperimen en_US
dc.subject Motivasi Belajar IPA en_US
dc.title PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 006 RANDELANGI KABUPATEN MAMASA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account