dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa model
pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA
pada siswa kelas IV SD Negeri Bawakareang II Makassar.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Fokus penelitian adalah
penerapan model pembelajaran Course Review Horay dan peningkatan
hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Bawakareang II Kota
Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
Bawakareang II Kota Makassar yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19
siswa perempuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni
39 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa
perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes dan
dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada Lembar
observasi pada siklus I dengan kategori “baik” dengan presentase 79%
rata-rata 77,95% dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni berada
pada kategori “sangat baik” dengan presentase 95% nilai rata-rata 83,85.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Course Review Horay meningkatkan hasil belajar IPA
pada siswa kelas IV SD Negeri Bawakareang II Kota Makassar. |
en_US |