dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas
penggunaan model Tebak Kata untuk keterampilan berbicara anak pada
pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Karuwisi II Makassar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian PreExperimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum adanya
perlakuan dengan menggunakan model Tebak Kata. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas V dengan jumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknis tes dan observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistika
inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kefektivitan penggunaan
model tebak kata untuk keterampilan berbicara anak pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas V SD Negeri Karuwisi II Makassar. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai keterampilan berbicara
siswa pada pretes dan posttest meningkat yaitu 43,52 menjadi 80,73. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model Tebak Kata efektif digunakan untuk
keterampilan berbicara kelas V di SD Negeri Karuwisi II Makassar |
en_US |