dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan
kemampuan berbicara Bahasa Indonesia murid kelas 5 SD Inpres
Pampang 1 Kota Makassar dengan menggunakan metode Paired
Storytelling.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian
adalah siswa kelas V SD Inpres I Pampang Makassar yang berjumlah30
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pada
siklus I dan II dan melakukan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar peserta
didik dalam penelitian ini menunjukan peningkatan yang sangat baik.
Pada data awal nilai rata-rata peserta didik hanya memperoleh nilai ratarata sebesar 49.75 nilai ini masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal
yang ditetapkan yaitu 65. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata peserta
didik mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 72 yang sudah memenuhi
kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar peserta didik pada penelitiaini ini telah memenuhi ketuntasan
klasikal 86.7%. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, maka
mengajukan saran bagi guru, agar dapat menambah pengetahuan dan
pemahaman bahwa metode paired storytelling dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran agar lebih menarik dan peserta didik merasa
senang dan mampu menerima pembelajaran dengan baik |
en_US |