Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan model
Quantum Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai BTP Kota
Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang
berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini di laksakan dua
siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar
dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses
pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman obsevasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata
hasil belajar Bahasa Indonesia siswa 66,4 dengan persentasi ketuntasan
adalah 43,33% dan berada pada kategori baik. Pada siklus II tejadi
peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada
pada nilai 80,33 dengan persentasi ketuntasan adalah 86,67% dan berada
pada kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat
setelah digunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada
siklus I terdapat 17 yang belum tuntas dari seluruh jumlah siswa yang
hadir. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar
mengajar sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan semakin minimnya siswa yang
melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran
sehingga berimplikasi pada keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui
model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Nusa
Harapan Permai Kota Makassar.