dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
inside outside circle terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Panaikang II/1
Kota Makassar tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah
pre-experimental design bentuk One-Group Pretest-Postest. Sampel terdiri 1 kelas
yang berjumlah 24 siswa.
Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan dengan pre-experimental
designs. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas V dengan jumlah sampel 24 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang dipilih berdasarkan
pertimbangan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi,
dokumentasi, dan tes (pretest-postest) dan teknik analisis data peneliti
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian untuk uji-t diperoleh thitung < ttabel diperoleh ( 12,51 >
2,074) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran inside outside circle efektif terhadap hasil belajar IPA
kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Kota Makassar |
en_US |