Abstract:
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media wall chart
siswa semangat dalam belajar, semangat dalam belajar dan mudah dalam
memahami materi pelajaran, dan media wall chart mudah dalam pembuatannya.
Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa yaitu pada saat pretest siswa
memperoleh nilai rata-rata sebesar 51,6 dan posttest memperoleh nilai rata-rata
sebesar 83,8. Hasil uji-t juga menunjukkan nilai t hitung > t tabel diperoleh (14,06 >
2,210) dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat
perbedaan nilai yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Berdasarkan
hasil perhitungan uji N-Gain didapatkan hasil score N-Gain menunjukkan bahwa
nilai rata-rata N-Gain adalah sebesar 0,70 termasuk dalam kategori tinggi. Maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan di kelas II SDN 005 Pana
Kabupaten Mamasa.