PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA DI SISWA KELAS IV SD NEGERI 68 KASSIJALA KEC. BONTOA KABUPATEN MAROS

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, SUCYATI RAHAYU
dc.date.accessioned 2023-02-22T07:21:47Z
dc.date.available 2023-02-22T07:21:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4512103043
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4784
dc.description.abstract Masalah utama dalam Penelitian adalah apakah ada peningkatan hasil belajar pada Penerapan Contextual Teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pada pokok bahasan gaya mempengaruhi gerak benda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan tes penerapan metode Contextual Teaching and learning (CTL). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan Contextual Teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa IV SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pada pokok bahasan gaya mempengaruhi gerak benda. hasilnya meningkat pada siklus II dari jumlah keseluruhan siswa 32 orang, yang memperoleh nilai mendapat nilai sangat baik 9 siswa dengan persentase 28%, yang mendapat nilai baik 20 siswa dengan persentase 63%, dan yang mendapat nilai cukup baik 3 siswa dengan persentase 9%. Oleh karena itu, hasil belajar siswa SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros materi gaya mempengaruhi gerak benda dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and learning (CTL) pada siklus II sudah mencapai standar KKM yang telah ditentukan. Persentase ketuntasan belajar klasikal 91% dari jumlah siswa keseluruhan yang memperoleh nilai 65 ke setelah peneliti melakukan perbaikan pada siklus II penelitian ini mengalami peningkatan karena telah mencapai indikator keberhasilan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual cocok digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran ilmu pengatahuan alam(IPA) en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Hasil Belajar Metode Contextual Teaching and learning(CTL) en_US
dc.title PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA DI SISWA KELAS IV SD NEGERI 68 KASSIJALA KEC. BONTOA KABUPATEN MAROS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account