dc.contributor.author |
PUTRI, SUCYATI RAHAYU |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-22T07:21:47Z |
|
dc.date.available |
2023-02-22T07:21:47Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.other |
4512103043 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4784 |
|
dc.description.abstract |
Masalah utama dalam Penelitian adalah apakah ada peningkatan
hasil belajar pada Penerapan Contextual Teaching and learning (CTL)
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 68 Kassijala
Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pada pokok bahasan gaya
mempengaruhi gerak benda.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 68 Kassijala
Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Dalam penelitian ini digunakan
teknik pengumpulan data dengan cara melakukan tes penerapan metode
Contextual Teaching and learning (CTL).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan Contextual
Teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa IV
SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pada pokok
bahasan gaya mempengaruhi gerak benda. hasilnya meningkat pada
siklus II dari jumlah keseluruhan siswa 32 orang, yang memperoleh nilai
mendapat nilai sangat baik 9 siswa dengan persentase 28%, yang
mendapat nilai baik 20 siswa dengan persentase 63%, dan yang
mendapat nilai cukup baik 3 siswa dengan persentase 9%. Oleh karena
itu, hasil belajar siswa SD Negeri 68 Kassijala Kecamatan Bontoa
Kabupaten Maros materi gaya mempengaruhi gerak benda dengan
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and learning
(CTL) pada siklus II sudah mencapai standar KKM yang telah ditentukan.
Persentase ketuntasan belajar klasikal 91% dari jumlah siswa keseluruhan
yang memperoleh nilai 65 ke setelah peneliti melakukan perbaikan pada
siklus II penelitian ini mengalami peningkatan karena telah mencapai
indikator keberhasilan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran kontekstual cocok digunakan dalam proses
pembelajaran mata pelajaran ilmu pengatahuan alam(IPA) |
en_US |
dc.publisher |
UNIVERSITAS BOSOWA |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar Metode Contextual Teaching and learning(CTL) |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA DI SISWA KELAS IV SD NEGERI 68 KASSIJALA KEC. BONTOA KABUPATEN MAROS |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |