dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan
Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada
Universitas Bosowa Makassar. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 88
mahasiswa akuntansi angkatan 2017 yang masih aktif di Fakultas Ekonomi
Universitas Bosowa Makassar. Dari jumlah keseluruhan tersebut, peneliti
menyebarkan kuesioner online Ke 88 Mahasiswa. Dari total keseluruhan
kuesioner yang disebarkan memiliki tingkat Pengembalian (68,81 %). Sehingga
jumlah kuesioner yang dapat digunakan untuk analisis penelitian sebanyak 60
responden.
Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan
kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical product
and Service Solutions)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosional berpengaruh
positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Yang di tunjukkan
oleh nilai thitung = 4,714 > ttabel = 2,002 maka kecerdasan emosional berpengaruh
positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 menunjukkan angka yang
signifikan. 2) perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat
pemahaman akuntansi. Yang di tunjukkan oleh niai thitung = 2,391 > ttabel = 2,002
maka perilaku belajar berpengaruh positif dengan tingkat signifikansi sebesar
0,007 < 0,05 menunjukkan angka yang signifikan. |
en_US |