Abstract:
Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun
karangan deskripsi melalui metode inkuiri siswa kelas VIII-C SMP Negeri
34 Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
kegiatannya meliputi perencanaan, observasi, tindakan, dan
refleksi.Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 34 Makassar dengan jumlah 27
orang.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis.
Hasil kerja siswa dalam menulis karangan deskripsi mengalami
peningkatan dengan menggunakan metode inkuiri. Jadi, jumlah siswa
yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 26 orang atau 96,30%.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 sebanyak 1 orang atau
3,70%. Jadi berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian ini
dinyatakan meningkat karena sudah mencapai standar ketuntasan yaitu
85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas.