dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan kelompok kata dapat meningkatkan belajar kosa kata siswa
kelas VII SMPN 35 Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental (total
sampling technique) dengan memilih satu kelas untuk diberikan pre-test,
post-test dan treatment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII yang
terbagi ke dalam sembilan kelas pada angkatan 2017/2018, sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 yang terdiri dari 30
siswa.
Hasil analisa data pada pre-test dan post-test menunjukkan
bahwa nilai untuk t-tesnya adalah 12.24 sedangkan untuk nilai t- table
adalah 2.045 atau (12.24>2.045). t-table adalah nilai acuan, dan dalam
penelitian ini t-test lebih tinggi dari nilai t-table. Dengan demikian tampak
bahwa penerapan metode ini memberikan pengaruh yang sangat baik,
sehingga perubahan-perubahan dapat dilihat pada post-test. Hal ini
menunjukkan bahwa kemampuan kosakata siswa kelas VII.7 SMPN 35
Makassar meningkat secara significant. |
en_US |