Abstract:
Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui peran pelayanan BPJS
Kesehatan Makassar bagi peserta di masa pandemi COVID-19. Pendekatan
pemeriksaan ini menggunakan metodologi kuantitatif. Contoh yang digunakan
adalah 40 peserta BPJS Kesehatan Makassar yang terpapar covid-19, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kualitas yang berperan dalam
pelayanan BPJS Kesehatan Kota Makassar terhadap kepuasan pelayanan bagi
peserta yang terkena virus baru wabah atau di tengah periode. pandemi saat ini,
yaitu pandemi virus COVID-19.
Berdasarkan uraian dan hasil analisis yang ditampilkan, maka dapat
disimpulkan. Pertama, pungutan iuran berdampak positif dan signifikan terhadap
pelayanan peserta BPJS di masa pandemi COVID-19 di Kota Makassar, artinya
semakin baik pungutan iuran maka pelayanan peserta BPJS akan semakin baik
pula. Kedua, pengolahan data berdampak positif dan signifikan terhadap
pelayanan kepesertaan BPJS pada masa pandemi COVID-19 di Kota Makassar,
artinya semakin baik pengolahan data maka akan semakin baik pula pelayanan
kepesertaan BPJS. Ketiga, Pembiayaan kesehatan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pelayanan kepesertaan BPJS pada masa pandemi COVID-19
di Kota Makassar, artinya semakin baik pelaksanaan pembiayaan kesehatan maka
akan semakin baik pula pelayanan kepesertaan BPJS