Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi penyebab
kenapa wisata bukit bollangi di kecamatan pattalasang kabupaten gowa
yang belum berkembang. Serta mengoptimalisasi pengembangan wisata
bukit bollangi ini agar dapat menarik minat wisatawan baik local maupun
mancanegara untuk datang melihat keindahan di kabupaten gowa ini.
Varibel yang digunakan terdiri dari empat diantaranya: (1) Aspek Analisis
Daya Tarik Wisata Bukit Bollangi; (2) Sarana Penunjang Wisata; (3)
Informasi dan Promosi; (4) Akesibilitas;. Metode analisis yang digunakan
berupa analisis chi-square, selanjutnya digunakan uji kontingensi dalam
penarikan kesimpulan yang dilanjutkan dengan sistem skoring Skala Likert
sebagai parameter mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap
Y. Selanjutnya menyusun Optimalisasi Pengembangan Wisata Bukit
Bollangi Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa dengan metode
analisis SWOT.
Dua variabel memiliki pengaruh terhadap perkembangan wisata di
Bukit Bollangi Kecamatan Pattalassang. Sehingga strategi yang dapat
digunakan dalam pengendalian perkembangan permukiman di Bukit
Bollangi Kecamatan Pattalassang yaitu untuk pengembangan kawasan
wisata yang berlandaskan undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang
penataan ruang, pembuatan zonasi dan regulasi terkait wisata yang
berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 untuk
memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan intelektual setiap wisatawan
dengan rekreasi dan perjalanan serta meningkatkan pendapatan negara
untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.