Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kemampuan
menulis narasi melalui penerapan media gambar siswa kelas VIII-B MTs
Alkhairaat Siniu Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs
Alkhairaat Siniu. Pengumpulan data di setiap siklus menggunakan teknik
tes dan teknik nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan
adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan ini terjadi setelah
dilakukan pada siklus II. Hal ini terbukti dari siklus I rata-rata nilai tes yang
diperoleh siswa belum meningkat dari hasil menulis narasi dengan
menggunakan media gambar adalah 69,16%. Pada siklus II nilai tes ratarata siswa mengalami peningkatan yaitu 85,16%. Dapat disimpulkan
bahwa keterampilan menulis narasi sangat meningkat dengan
menerapkan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis
narasi sisiwa kelas VIII-B MTs Alkhairat Siniu memenuhi 85%