Abstract:
Tujuan penelitian mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi melalui Metode Kontekstual pada siswa kelas VII SMP Negeri
25 Makassar tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berupa kerja
sama antara peneliti dengan siswa. Sumber data yang digunakan adalah hasil dari
peserta didik itu sendiri.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes
menulis karangan deskripsi melalui metode kontekstualtersebut digunakan untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan ketepatan isi karangan sesuai
dengan metode yang digunakan siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis deskriptif.Dalam penelitian ini adalah skor rata-rata, skortertinggi, dan
skor terendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Makassar dan penerikan
simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I,
nilai rata-rata kelas mencapai 71,14 dengan ketuntasan klasikal mencapai86,2%.
Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 72,31 dengan ketuntasan
klasikal 93,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode kontekstual
dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII-8 SMP
Negeri 25 Makassar tahun ajaran 2016/2017