dc.description.abstract |
Penelitian ini
bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui
penggunaan metode Outing Class pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1
Sopai Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah sebanyak tujuh belas (17)
siswa. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas
pelaksanaanya terdiri atas dua kali siklus dan setiap siklus terdiri atas
empat tahap. Tahap dalam setiap siklus adalah perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Outing
Class dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Pada
pelaksanaan siklus I siswa yang memperoleh nilai standar KKM atau 75
sebanyak 23,05%, pada pelaksanaan siklus II siswa yang memperoleh
nilai standar KKM atau 75 sebanyak 88,23%, jadi dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode Outing Class pada pembelajaran menulis
cerpen meningkat setelah pelaksanaan dua kali siklus. |
en_US |