Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik
Pembelajaran Ice Breaking (Godibermen) Terhadap Hasil Belajar Matematika
Peserta Didik Kelas V pada Sekolah Dasar Negeri 26 Mangkaca di Kabupaten
Pangkep. Jumlah Sampel pada penelitian sebesar 64 Siswa, yang terbagi menjadi
masing-masing 32 siswa perkelompok.
Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan
analisis data menggunakan teknik penskoran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas
eksperimen post test meningkat menjadi 77,84 yang sebelumnya atau pada pre
test hanya 36,86. Berdasarkan hasil uji t-test nilai t-hitung 10,393>1.697 nilai ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05, dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran ice breaking
(godibermen) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika pada
peserta didik kelas V.